Jangan Asal Pilih, Ini Cara Bedakan Madu Asli dan Palsu untuk Anak




Tidak semua jenis madu yang ada di pasaran adalah madu murni, dengan begitu Anda harus memilih jenis madu asli. Madu seperti #maduyaMadurasa yang dicampur dengan bahan lain seperti glukosa, dekstrosa, molasses, sirop gula, invert sugar, pati, tepung, sirop jagung, dan sebagainya. Berikut adalah ciri dari madu asli termasuk juga dengan Fitkidz multivitamin anak.

1.      Tidak Lengket
Pada saat Anda menggosok-gosokkan madu #Fitkidzfitituasik dengan dua jari, madu asli biasanya akan cenderung tidak lengket. Berbeda dengan madu yang palsu dimana akan sedikit lengket sebab mengandung pemanis serta beberapa bahan tambahan.

Selain itu, madu asli yang nantinya digosokkan menggunakan cara yang sama tadi juga akan menyerap pada dalam kulit. Kalau Anda merasakan ada butiran tertinggal, maka sebaiknya jangan beli madu jenis tersebut.

2.      Sangat Kental
Jika botol madu digoyangkan, maka madu pun akan bergerak sangat lambat. Hal ini disebabkan karena tekstur yang dimiliki madu tersebut sangat kental. Apabila madu dapat bergerak dengan cepat maupun ringan, maka bisa jadi itu adalah jenis madu oplosan.

3.      Mengalir dengan Lancar
Coba Anda tuangkan madu dengan suhu ruangan pada permukaan datar menggunakan sendok. Apabila madu mengalir tanpa putus serta membentuk gumpalan ketika sampai di permukaan dengan lapisan menghilang cepat, maka itu adalah ciri dari madu asli.

Madu palsu  maupun madu asli yang kurang berkualitas dengan kandungan air di atas 20% biasanya akan mengalir dengan terputus-putus. Madu jenis premium mempunyai kandungan air kurang dari 18%, bahkan juga 14%, sehingga masa untuk penyimpanannya bisa lebih panjang.

Apabila Anda ingin membandingkan kandungan air yang ada pada dua madu berbeda maka bisa dilakukan pada madu di suhu ruang yakni dengan membalikkan saja botolnya. Jika gelembung udara yang ada di dalam madu naik dengan cara cepat, berarti kandungan air lebih banyak.

4.      Tidak Mudah untuk Larut dalam Air
Siapkan satu gelas air kemudian tuangkan sesendok madu di alamnya. Madu asli tidak mudah larut di dalam air bahkan biasanya juga akan mengendap pada dasar gelas, sementara jenis madu palsu akan cepat menyatu bersama air.

5.      Rasa dan Warna
Rasa madu asli biasanya tidak tertinggal pada lidah, berbeda pada madu palsu. Namun berkaitan dengan intensitas rasa, madu memang mempunyai rasa dan warna berbeda-beda bergantung dengan bunga yang diambil nektarnya oleh para lebah.

Umumnya madu yang berwarna terang akan memiliki rasa yang lebih ringan dan madu berwarna gelap mempunyai rasa lebih pekat. Rasa memang hanya berkaitan dengan selera, bukan kualitas. Namun, biasanya, warna madu lebih gelap menunjukkan bahwa pH dan kandungan mineral misalnya potassium, mangan, klorin, sulfur, zat besi, magnesium, serta sodium yang lebih tinggi.

6.      Tidak Berbuih Apabila Dipanaskan
Madu asli akan berkaramelisasi secara cepat ketika dipanaskan, namun juga tidak berbuih. Busa ini biasanya akan muncul pada jenis madu palsu, hal ini disebabkan karena adanya tambahan kelembapan, gula, serta air

7. Tes Korek Api
Celupkan korek api pada dalam madu, kemudian nyalakan seperti biasanya. Kalau madu tersebut asli, maka api menyala dengan mudah. Namun jika tidak, kemungkinan maka madu tersebut palsu sebab mengandung air.

8. Tes Roti
Coba oleskan madu pada selembar roti tawar. Apabila madu tersebut asli, roti biasanya akan menjadi keras dalam beberapa menit. Namun jika madu yang Anda beli palsu, roti akan menjadi basah.

Di atas tadi adalah beberapa ciri dari madu yang asli, Jangan sampai Anda mendapatkan madu yang salah ya, termasuk saat memilih Madurasa Fitkidz. Dapatkan madu terbaik dari #MadurasaFitkidz kesehatan anak semakin terjaga, Fitkidz Fit itu asik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Asal Pilih, Ini Cara Bedakan Madu Asli dan Palsu untuk Anak"

Post a Comment