Mengenal 5 Jenis Sakit Kepala yang Umum Terjadi

Mengenal 5 Jenis Sakit Kepala yang Umum Terjadi

Sakit kepala pada dasarnya adalah masalah kesehatan yang pastinya sudah pernah dialami oleh siapa saja, mulai diantaranya adalah anak-anak sampai dengan orang dewasa. Dengan berbagai macam faktor penyebab, biasanya juga digunakan sebagai acuan untuk mendeteksi penyakit berbahaya yang sedang menyerang tubuh. Banyak diantara Anda yang mungkin juga sudah tahu beragam jenis obat untuk pengobatan kondisi semacam ini yang dijual di pasaran dalam berbagai macam bentuk.

Hanya saja memang terkadang untuk kondisi-kondisi tertentu sebenarnya Anda tidak membutuhkan pengobatan oral untuk mengatasi pusing tersebut, cukup dengan istirahat saja atau mengkonsumsi bahan-bahan alami tertentu sudah mampu untuk meredakan gejalanya. Karena tidak dapat dipungkiri jika seandainya pemakaian obat-obatan secara terus menerus nantinya juga beresiko tinggi untuk menyebabkan efek ketergantungan, sehingga tentu akan berbahaya untuk kedepannya.

Banyak diantara masyarakat yang juga sering kali mengalami pusing, namun intensitasnya tidak begitu lama, hanya didiamkan sesaat saja nantinya sudah akan mereda dengan sendirinya. Karena memang jika dilihat dari segi faktor penyebabnya sendiri juga sangatlah beragam. Namun sebelum itu maka patut bagi Anda untuk mengenali terlebih dahulu jenis-jenis sakit kepala ini, diantaranya adalah:

  1. Tension headache, ini adalah kondisi yang pada dasarnya memang sering kali dialami oleh masyarakat. Disebabkan karena ketegangan, rasa sakit ini umumnya berlangsung secara konstan untuk jangka waktu tertentu, biasanya berasal dari belakang leher yang akan menjadi kaku, kemudian juga beralih pada otot bahu, hingga menyebar ke bagian depan. Bahkan sering kali mengalami tekanan pada bagian mata, bahkan terkadang juga ada tekanan pada rahang. Biasanya akan terjadi selama 30 menit, jika seandainya tidak kunjung mereda, bahkan setelah berhari-hari maka ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter sehingga tidak mengganggu aktivitas Anda.
  2. Migrain, rasa sakit pada kepala, namun hanya di bagian sebelah saja. Biasanya kondisi yang satu ini juga cukup parah, sehingga kerap kali membuat penderitanya juga menjadi tidak berdaya, berdenyut secara intens dan juga cukup ekstrim sehingga menyebabkan rasa seperti di hantam oleh benda keras. Faktor penyebabnya sendiri sangatlah beragam, mulai dari keturunan sampai dengan gangguan neurologis.
  3. Cluster, kondisi yang satu ini mirip dengan migrain, karena memang hanya berlangsung di salah satu bagian atau kepala sebelah saja, bukan di semua bagian kepala. Biasanya rasa sakit tersebut cenderung muncul di area belakang mata dan juga sekitarnya. Selain rasa nyeri yang intens pada beberapa orang akan merasakan gejala lain seperti diantaranya adalah mata memerah dan berair, pupil mengecil, juga hidung akan mengeluarkan air.
  4. Sinus, ini adalah rasa sakit pada kepala yang disebabkan oleh efek sinus, rasa nyerinya terjadi secara konstan dan juga intens di bagian tulang pipi, dahi hingga ke batang hidung, karena infeksi oleh virus sehingga penderitanya juga akan mengalami hidung tersumbat, bahkan terus menerus bersin. Virus yang menyerang biasanya akan menyebabkan terjadinya peradangan pada dinding sinus.
  5. Pusing hormonal, biasanya terjadi pada wanita yang tengah memasuki masa menopause ataupun juga setelah kehamilan dan menggunakan pil KB. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama kondisi ini bahkan bisa menyebabkan stroke.

Jangan sepelekan sakit kepala yang Anda derita, ada baiknya untuk segera melakukan pengobatan terbaik. Hal terpenting adalah dengan periksa ke dokter karena takutnya pusing tersebut disebabkan oleh penyakit berbahaya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal 5 Jenis Sakit Kepala yang Umum Terjadi"

Post a Comment