Kenali Dan Cermati Pajak Bumi Dan Bangunan



Jika berbicara tentang pajak maka banyak orang akan berasumsi pada pajak kendaraan bermotor walau pada kenyataannya banyak pajak lain yang juga harus di bayar oleh masyarakat. Berbagai pajak tersebut akan digunakan untuk kepentingan banyak masyarakat umum dan untuk membangun Negara. 

Selain pajak kendaraan terdapat beberapa pajak lain yang mungkin telah familiar di telinga masyarakat. Salah satunya adalah pajak bumi dan bangunan. Selain pajak tersebut saat masyarakat makan di sebuah restoran masyarakat juga harus membayar pajak sebesar 10 persen. Sungguh banyak pajak yang harus di bayarkan oleh masyarakat di Indonesia. 

Pajak – pajak tersebut dapat memiliki waktu pembayaran yang berbeda. Ada yang setiap saat ketika makan, yaitu pajak restoran. Ada pula yang setiap tahun seperti pajak kendaraan bermotor dan pajak tanah yang juga dikenakan biaya setiap tahun. 



Berdasarkan data dari Rumah123.com, sebagian besar pajak – pajak tersebut sering kali dilalaikan oleh masyarakat dan akhirnya membuat masyarakat harus bersedia membayar denda. Karena pajak tersebut sering kali menunggak khususnya untuk kendaraan bermotor maka pemerintah kerap kali melakukan razia dan menangkap kendaraan bermotor yang telat membayar pajak. Selain itu pajak bumi dan bangunan juga merupakan pajak wajib selain pajak kendaraan bermotor. Berikut penjelasan tentang pajak tanah dan bangunan ini.

 Apa Sih Pajak Bumi Dan Bangunan? 


Untuk semakin memperjelas apa itu pajak tanah, maka masyarakat dapat secara langsung mendatangi kantor – kantor pajak terdekat. Secara garis besar pajak bumi dan bangunan adalah pajak yang harus di bayar atas tanah dan bangunan yang saat ini sedang ditempati atau dimiliki. Pajak ini mengacu pada tanah dan bangunan atas nama seseorang. Dan mengkalkulasi kan pajak yang harus dibayar oleh pemilik tanah atau bangunan tersebut. 

Pajak ini dihitung berdasarkan keuntungan dan juga status sosial dari tanah dan bangunan yang ada di tempat tersebut. Setiap tanah dan bangunan memiliki fungsi yang berbeda – beda. Setiap bangunan juga dilihat dari fungsi dan kegunaannya. Sebuah bangunan yang berfungsi sebagai toko akan memiliki nilai pajak yang berbeda disbanding bangunan yang hanya berfungsi sebagai rumah. Hal tersebut juga berlaku bagi luas tanah yang dimiliki. Semakin luas tanah tersebut maka pajak bumi dan bangunan yang dibayar juga akan semakin tinggi. 

 Bagaimana Cara melakukan Pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan 


Orang sering kali bingung bagaimana cara membayar pajak. Kini sudah ada sistem yang canggih yang akan memudahkan para pengguna telepon pintar atau pengguna aktif internet yang ingin mendapatkan segala informasi tentang pembayaran pajak. Cara pembayaran tergantung dari jenis pajak yang ingin di bayarkan. 

Pajak kendaraan bermotor dapat dibayarkan di bank – bank yang telah bekerja sama dengan instansi yang bersangkutan. Sedangkan untuk pajak bumi dan bangunan masyarakat dapat melakukan pembayaran melalui beberapa pihak. Salah satu yang termudah saat ini adalah dengan menggunakan aplikasi ATM banking yang ada pada telepon pintar yang dimiliki hampir seluruh kalangan masyarakat.  

Pembayaran dengan menggunakan ATM banking ini tergolong sangat mudah, para pengguna hanya tinggal memasuki menu pembayaran dan memilih menu pajak. Setelah itu masukkan nomer objek pajak yang dimiliki dan pilih tahun yang akan dibayar. Tahun yang dipilih adalah tahun sekarang saat pajak tersebut keluar. Setelah muncul tagihan lengkap dengan nama lanjutkan dengan tekan bayar dan screenshot hasil pembayaran sebagai bukti pembayaran yang sah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Dan Cermati Pajak Bumi Dan Bangunan"

Post a Comment